>Tata Letak Mesin Roti sebagai penentu efektivitas dan efisiensi.

>

Dalam postingan kali ini, saya akan mengulas tentang tata letak penempatan mesin roti. Memang bagi pengusaha roti pemula, tata letak ini belum merupakan sesuatu yang urgent. Tetapi bila bisnis roti yang kita geluti berkembang, tata letak ini sangat urgent. Banyak faktor yang mempengaruhi bila tata letak mesin roti kita tidak tepat.
1) Produktivitas kerja karyawan akan menurun. Bila tata letaknya tidak sesuai dengan flow chart jalur produksi maka karyawan seringkali melakukan banyak kegiatan yang tidak perlu. Misalnya tata letak mesin mixer dan oven yang dekat, maka karyawan sering kegerahan diakibatkan panas yang ditumbalkan oleh oven, juga untuk proses proving, moulding akan bersinggungan dengan karyawan yang memanggang di oven.
2) Produktivitas produksi akan menurun. Bila kita dapat mengatur tata letak mesin roti yang tepat maka efisiensi waktu produksi akan meningkat, sehingga hasil produk roti kita bertambah banyak.
Selain faktor tata letak, faktor ruang kerja yang panas, sempit atau panas sangat mempengaruhi produktivitas kerja juga. Seyogyanya, sebelum kita memulai bisnis roti, anda harus memperhitungkan jalur produksi, tata letak mesin, penempatan gudang bahan baku, tempat mesin packaging dll. Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat bagi anda. Memang, untuk membahas masalah tata letak yang tepat dan ideal bagi industri anda sangat tidak mungkin saya tuangkan di blog saya. Tetapi, saya bersedia membantu anda.fkr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: