>Mengenal jenis dan kegunaan oven.

>

Pada postingan kali ini, saya akan mengulas tentang aneka ragam jenis oven dan spesifikasi kegunaannya.
1) manual deck oven. Oven jenis ini hampir banyak digunakan oleh industri roti. Kelebihan jenis oven ini adalah tidak tergantung oleh daya listrik. Jadi meskipun listrik di rumah anda padam, oven tetap hidup asalkan gas elpigi tidak habis. Kelemahan manual oven adalah suhu panas tidak dapat dikontrol, sehingga semakin lama oven hidup, suhu semakin tinggi. Warna roti dan tingkat kematangannya kalah bagus dibandingkan dengan otomatis deck oven. Gas elpigi yang dipakai sebagai bahan bakarnya lebih boros dibandingkan otomatis deck oven.
2) otomatis deck oven sebagai terobosan teknologi deck oven sangat efisien. Bahan bakar utama yang digunakan gas elpigi dan energi listrik. Bila anda memilih energi listrik sebagai bahan bakar utama, hasil produk yang di panggang lebih rata dan bagus. Tetapi daya listrik yang digunakan bisa mencapai 3000 W, per deck nya. Bila bahan bakar utama yang dipakai gas elpigi tetap membutuhkan energi listrik sebagai kontrolnya, tetapi cuman 100 W. Lebih irit dan bagusnya oven deck otomatis karena adanya kontrol temperatur panas dan range temperatur kontrol. Jadi bila anda menginginkan suhu oven 200 derajat, maka api di dalam burner akan mati bila mencapai suhu 200 derajat C dan api akan menyala kembali bila suhu telah turun 195 derajat C. Proses ini akan berulang terus, selama oven dihidupkan.
3) Rotary oven dan Revolving oven. Penggunaan oven jenis ini sering dipakai oleh industri roti besar. Jadi produk dimasukkan bisa mencapai 32 loyang untuk sekali masuk. Hasil produk yang dihasilkan lebih rata dibandingkan oven deck otomatis. Sebab loyang dimasukkan akan diputar secara vertikal atau horizontal. Kelemahan rotary oven dan revolving oven adalah tidak bagus dipakai untuk memanggang cake. Bahan bakar oven ini bisa gas elpigi, solar, minyak tanah dan energi listrik. Daya yang dipakai sebagai kontrol pada oven jenis ini kurang lebih 5000 W. Produk yang dipanggang juga harus sejenis untuk menghasilkan roti yang berkualitas.
4) tunel oven. Oven jenis ini biasanya dipakai untuk industri besar. Bila anda ingin berinvestasi untuk jenis oven ini anda harus mempunyai tempat yang panjang dan besar. Panjang Tunel oven bisa mencapai 12 meter. Kelebihan tunel oven adalah proses panggangnya lebih cepat dengan asumsi produk roti kita masukkan di sisi depan oven dan akan keluar di bagian belakang oven. Dengan daya yang besar, maka tunel oven sangat cocok bagi industri besar. Demikianlah sekelumit paparan saya mengenai jenis dan kegunaan oven, semoga bermanfaat bagi kita semua.fkr

Bookmark and Share

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: